Tempat Wisata Pekanbaru | Pariwisata Pekanbaru

Tempat Wisata Pekanbaru | Pariwisata Pekanbaru

35 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jika kamu berada di Sumatera terutama di Kota Pekanbaru, maka penting untuk mengetahui beberapa tempat wisata yang ada di sana supaya dapat kamu kunjungi bersama teman maupun keluarga. Ada berbagai macam destinasi wisata yang ada di Pekanbaru mulai dari wisata alam, religi, budaya, hingga edukasi.

Banyaknya keragaman destinasi wisata tersebut menjadikan Pekanbaru banyak dikunjungi oleh wisatawan karena penasaran dengan destinasi wisata lain yang ada di kota ini. Jika kamu bepergian ke kota ini, maka wajib untuk mengetahui beberapa lokasi wisata untuk bisa dikunjungi nantinya.

Destinasi wisata yang ada di Pekanbaru menawarkan banyak keindahan dan pesona alam yang berbeda. Walaupun begitu, tetap saja semua destinasi wisata akan memberikan rasa senang untuk para pengunjungnya. Di bawah ini beberapa Tempat Wisata di Pekanbaru yang menarik.

1. Danau Buatan Lembah Sari
Danau Buatan Lembah Sari terletak di Desa Limbungan. Desa ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota. Danau buatan ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan sejuk sehingga kamu akan merasa tenang dan puas jika berkunjung ke sana.

Awalnya, danau ini digunakan sebagai bendungan irigasi. Namun, lama kelamaan berubah menjadi destinasi wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi. Disini, kamu dapat melakukan kegiatan seperti piknik dengan keluarga, menaiki perahu dayung, naik sepeda air, dan masih banyak lagi.

Alamat: Limbungan, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau.

2. Rainbow Hills Rumbai
Wisata alam Rainbow Hills Rumbai di Pekanbaru ini menjadi salah satu spot foto kekinian terbaru yang dikunjungi banyak wisatawan. Bukit ini memiliki pemandangan alam berupa pegunungan, pepohonan dan langit biru.

Rainbow Hills Rumbai ini berasal dari kombinasi tanah di perbukitan ini yang memiliki warna-warni yang menarik yaitu perpaduan warna orange, pink, abu-abu, coklat dan ditambah dengan adanya pepohonan di sekitar bukit dan background langit biru yang cerah terlihat seperti pelangi.

Alamat: Jl. Kemping, Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

3. Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim
Destinasi wisata yang ada di Pekanbaru berikutnya adalah Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim. Hutan raya ini sering dikunjungi wisatawan sehingga selalu ramai setiap harinya. Hutan raya yang cantik ini menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau, dan sejuk disertai dengan pepohonan yang menjulang tinggi ke atas.

Banyak wisatawan yang pergi ke Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim bersama keluarga untuk menikmati pemandangan, melepas penat, jalan-jalan, dan menenangkan pikiran. Disini juga terdapat beberapa wahana permainan sehingga kamu tidak akan merasa bosan ketika berada di sana. Hutan raya berlokasi sekitar 23 km dari pusat kota.

Alamat: Kab. Kampar, Siak dan Pekanbaru, Riau.

4. Bukit Kapur Air Hitam
Bukit yang satu ini merupakan bukit yang terbentuk dari aktivitas bekas penambangan. Penamaan Air Hitam ini karena lokasi bukit ini berada di wilayah Air Hitam. Tempat ini secara resmi belum dikelola oleh pemerintah, namun karena antusias para penduduk dan para wisatawan sekarang tempat ini ramai dikunjungi.

Dimana di lokasi ini ada gundukan tanah membentuk bukit yang berwarna merah, berpadu putih dan krem yang tinggi dan menyerupai tebing di sekitar area. Banyaknya gundukan tanah merah di Bukit Kapur ini menyerupai labirin yang sangat unik dan selalu menjadi spot foto bagi wisatawan.

Selain dijadikan tempat wisata dan tempat berfoto karena pemandangan yang unik dan menakjubkan. Bukit Kapur ini kadang digunakan dan dimanfaatkan sebagai tempat foto pre-wedding.

Alamat: Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

5. Riau Fantasi
Terdapat destinasi wisata air yang cukup populer di Kota Pekanbaru yang bernama Riau Fantasi. Tempat wisata ini menjadi pilihan favorit banyak keluarga untuk menghabiskan waktu liburan bersama anak. Disini, terdapat banyak wahana permainan yang bisa di coba seperti wave blaster, kora-kora, komedi putar, sky tower, kereta mini, dan masih banyak lagi.

Ada juga fasilitas yang disediakan di Riau Fantasi seperti mushola, wifii, gazebo, tempat makan, dan toilet. Untuk kamu yang ingin ke Riau Fantasi, hanya perlu waktu selama 45 menit dari pusat kota untuk bisa ke sana. Biaya masuknya sekitar Rp 60.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp 70.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

Alamat: Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

6. Danau Lembah Sari
Danau raksasa yang awalnya adalah sebuah bendungan yang sengaja dibuat warga. Danau Lembah Sari ini ramai dikunjungi wisatawan sudah berpuluh-puluh tahun lamanya. Danau raksasa ini terbentang luas dengan 14 hektar kawasan bendungan dan 150 hektar berupa kawasan perairan.

Ada banyak fasilitas yang disediakan di sekitar danau ini bagi Anda yang mengunjungi. Di Danau Lembah Sari ini Anda bisa menyewa perahu sampan atau sepeda air untuk mengelilingi danau untuk berfoto dengan background danau yang luas dan pepohonan di sekitar danau.

Selain itu di danau ini banyak ikan yang hidup. Bagi Bapak-bapak yang hobi memancing, di danau ini disediakan penyewaan alat memancing sembari menghabiskan waktu dan berlibur yang bermanfaat.

Alamat: Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

7. Masjid Agung An-Nur
Selain destinasi alam, ada juga wisata religi yang ada di Pekanbaru yaitu Masjid Agung An-Nur. Masjid ini termasuk salah satu tempat ibadah termegah dan tercantik yang ada di Kota Pekanbaru. Masjid Agung An-Nur memiliki gaya dan konsep ala India, Melayu, Turki, dan Arab sehingga bangunannya tampak cantik, megah, dan eksotis.

Jika kamu mengunjungi Masjid Agung An-Nur pada malam hari, maka akan tampak banyak cahaya lampu yang berada di sekitar tersebut. Di depan masjid juga terdapat kolam kecil sehingga cahaya lampu akan memantul ke permukaan air.

Alamat: Jl. Hangtuah, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Pekanbaru, Riau.

8. Anjungan Seni Idrus Tintin
Bangunan bersejarah ini merupakan bangunan berstandar internasional yang banyak digunakan oleh seniman dalam acara festival, pertunjukan karya seni, budaya dan juga sebagai lokasi perlombaan seni lainnya. Nama bangunan ini diambil dari nama seorang seniman Riau bernama Idrus Tintin.

Bangunan megah dan mewah ini dibangun dengan gaya Riau-Melayu dengan motif yang indah dan warna kuning yang megah. Bangunan ini banyak didatangi wisatawan untuk sekedar berkunjung berfoto dan jalan-jalan di sekitar gedung ini.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

9. Air Terjun Batu Dinding
Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Air Terjun Batu Dinding. Tempat wisata ini berada di kawasan Kampar Kiri. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk kamu yang suka menjelajah dan berinteraksi dengan alam.

Air Terjun Batu Dinding memiliki pesona alam yang indah dan alami. Ditambah air yang turun dari air terjun sangat segar dan jernih sehingga kamu bisa bermain air dan berenang dengan aman. Objek wisata ini juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lainnya sehingga kamu tidak perlu repot-repot pergi jauh untuk mencari tempat liburan lagi.

Alamat: Tanjung Belit,Kiri Hilir, Kab. Kampar, Riau.

10. Candi Muara Takus
Candi Muara Takus ini bukan hanya sekedar tempat wisata yang indah, namun tempat ini merupakan bukti bersejarah dari kerajaan sriwijaya. Candi yang terletak di Riau ini adalah candi kebanggaan yang merupakan perpaduan dari budaya Hindu dan Budha. Candi ini digunakan sebagai tempat ritual keagamaan pada zaman dahulu.

Nama Candi Muara Takus ini berasal dari bahasa Cina yang berarti Candi Tua yang Besar. Selain sebagai tempat wisata yang bersejarah, Candi Muara Takus ini memiliki 4 bangunan yaitu dinamakan Canti Tuo, yang kedua yaitu Candi Mahligai, kemudian Candi Palangka dan Candi Bungsu.

Alamat: Muara Takus, Kec. XIII Koto, Kab. Kampar, Riau.

11. Desa Wisata Okura
Di Pekanbaru, terdapat desa wisata yang cukup terkenal bernama Desa Wisata Okura. Pada awalnya, desa ini merupakan sebuah kelurahan, namun pemerintah setempat mengembangkan kelurahan ini menjadi desa wisata yang menarik banyak pengunjung.

Disini, kamu dapat melihat pemandangan asri yang ada di desa wisata tersebut. Hawa yang sejuk dan menyegarkan siap menyambutmu ketika menginjakkan kaki di Desa Wisata Okura. Destinasi wisata ini cocok dijadikan sebagai wisata keluarga.

Alamat: Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Kec. Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau.

12. Pasar Bawah
Tempat legendaris ini merupakan tempat wisata sekaligus tempat belanja terpopuler. Pasar bawah Pekanbaru ini dinamakan oleh masyarakat sekitar karena lokasinya yaitu berada di bawah dekat Sungai Siak yang letaknya agak rendah. Selain tempat belanja, Pasar Bawah ini juga merupakan simbol tersendiri bagi kota Pekanbaru.

Di pasar ini Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Pekanbaru mulai dari kripik khas Melayu dan Minang, jajanan, kaos dan baju khas Pekanbaru, songket dan kain tenun, Ikan Salai asap khas Riau yang paling laris, ada bumbu-bumbu dapur pun disediakan di Pasar Bawah ini.

Selain itu ada aksesoris khas Pekanbaru yang yang sangat cocok untuk oleh-oleh. Seperti gantungan kunci lucu, miniatur, tempat pena, piring berukir dan lainnya. Selain lengkap wisata Pasar Bawah ini tidak akan menguras pengeluaran Anda karena memiliki harga yang bersahabat dengan kantong Anda.

Alamat: Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

13. Museum Sang Nila Utama
Selain destinasi wisata alam dan religi, ada juga wisata edukasi yang dihadirkan di Kota Pekanbaru. Wisata edukasi tersebut adalah Museum Sang Nila Utama. Museum ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Museum Sang Nila Utama memiliki beberapa benda seni dan budaya. Contohnya adalah pakaian adat, alat musik tradisional, senjata adat, dan permainan yang sering dimainkan pada zaman dahulu. Hal tersebut akan membuat kamu semakin mengenal dengan budaya Indonesia dan ingin menjaga kelestariannya.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau.

14. Arboretum Universitas Riau
Arboretum merupakan kebun buatan dengan koleksi berbagai jenis pepohonan yang dimanfaatkan sebagai area konservasi keanekaragaman hayati. Selain itu adanya Arboretum ini dibuat sebagai sarana edukasi di bagi mahasiswa Universitas Riau yang ingin melakukan penelitian.

Fungsi Arboretum Universitas Riau ini yaitu untuk memperbaiki kondisi iklim di sekitar Kota Pekanbaru. Dan sebagai sarana pembudidayaan tanaman-tanaman yang bernilai ekonomi tinggi.

Selain itu Arboretum Universitas Riau ini juga dijadikan sebagai tempat wisata dan rekreasi alami yang menyejukkan untuk Anda yang ingin menghabiskan weekend Anda bersama keluarga.

Alamat: Jl. Muchtar Lutfi, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau.

15. Kebun Binatang Sang Kulim
Objek wisata yang terkenal di Kota Pekanbaru lainnya adalah Kebun Binatang Sang Kulim. Destinasi wisata ini banyak dikunjungi terutama oleh orang-orang yang sudah berkeluarga. Namun ada juga turis asing yang suka berlibur ke kebun binatang ini.

Kebun Binatang yang memiliki luas sekitar 10 ha ini memiliki beberapa jenis hewan yang dapat ditemukan disana seperti monyet, gajah, landak burung, dan masih banyak lagi. Kebun Binatang Sang Kulim juga menawarkan beberapa wahana permainan anak sehingga anak tidak akan merasa bosan di kebun binatang.

Alamat: Kubang Jaya, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

16. Kawah Biru
Kawah Biru ini awalnya terbentuk dari letusan Gunung Merapi yang membentuk sebuah lubang. Kemudian lubang tersebut ditambah dengan adanya bekas galian pasir dan jadilah sebuah kawah yang indah. Sekarang menjadi tempat wisata andalan di Pekanbaru. Setiap harinya ada puluhan dan ratusan wisatawan berkunjung ke Kawah Biru ini.

Dengan pasir putih dan airnya yang kebiruan menjadi background foto yang wah bagi Anda. Kawah ini selalu ramai dikunjungi. Lokasi wisata Kawah Biru ini sangat aman dan bersih terawat dengan beberapa fasilitas yang disediakan.

Alamat: Tanah Merak, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

17. Taman Rekreasi Alam Mayang
Ketika akhir pekan, kamu dapat mencoba untuk pergi ke destinasi wisata Taman Rekreasi Alam Mayang. Disana akan ada banyak pengunjung yang menikmati waktu liburan dengan keluarga mereka. Taman Rekreasi Alam Mayang memiliki konsep wisata di alam bebas atau terbuka sehingga sangat cocok dikunjungi dengan keluarga.

Taman wisata ini dikelilingi oleh perbukitan sehingga panorama alam yang ada di sana sangat alami, hijau, dan segar. Jika hobi memancing, kamu dapat menyalurkan bakatmu tersebut di kolam yang sudah disediakan khusus bagi orang yang mau memancing. Taman Rekreasi Alam Mayang juga memiliki beberapa wahana seperti outbound, flying fox, bola air raksasa, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Imam Munandar, Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau.

18. Danau Kayangan
Pesona danau buatan ini memberikan pemandangan yang sejuk dan nyaman. Dimana di sini di Danau Kayangan ini, Anda akan menikmati bukit-bukit di sekitar danau dengan pepohonan hijau yang segar.

Selain sebagai tempat tempat wisata yang digemari banyak orang, Danau Kayangan ini juga digunakan sebagai tempat wisata tirta. Seperti ada yang memancing, berenang dan mengelilingi danau dengan perahu dayung.

Alamat: Jl. Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kab. Pekanbaru, Riau.

19. Sungai Kampar
Tidak hanya pantai dan danau saja yang bisa dijadikan objek wisata air. Ternyata sungai juga bisa dijadikan sebagai Objek Wisata di Pekanbaru. Di Sungai Kampar, kamu dapat melakukan aktivitas seperti berselancar. Tentu saja ini hal yang unik karena tidak semua sungai dapat dijadikan tempat berselancar.

Namun, kamu juga harus berhati-hati karena katanya di Sungai Kampar terdapat buaya dan ular. Walaupun sebagian besar buaya ditemukan di bagian hulu sungai, namun apa salahnya jika tetap berhati-hati.

Alamat: Muara Dilam, Kunto Darussalam, Kab. Rokan Hulu, Riau.

20. Air Terjun Aek Mertua
Air yang mengalir di air Terjun Aek Mertua ini berasal langsung dari mata air bukit Simalombu. Air terjun yang tinggi ini memiliki keunikan dan keunggulan yaitu air yang mengalir dari atasnya memiliki 2 tingkatan ketika jatuh. Hal ini menambah uniknya tempat wisata ini.

Sebelum sampai ke air terjun ini Anda akan melewati jembatan gantung yang di bawahnya ada sungai mengalir cukup deras. Selanjutnya Anda harus menuruni anak tangga yang panjang untuk bisa sampai ke Air Terjun Aek Mertua yang elok ini. Selain rute ini terbilang seram namun dua tempat ini sangat bagus dijadikan background foto.

Alamat: Bangun Purba Timur Jaya, Kec. Bangun Purba, Kab. Rokan Hulu, Riau.

21. Balai Adat Riau
Jika kamu ingin lebih mendalami dan belajar tentang kebudayaan Riau. Maka mengunjungi Balai Adat Riau menjadi pilihan yang tepat untuk di coba. Balai Adat Riau menawarkan suasana tradisional dan kental akan sejarah.

Balai Adat Riau sering dijadikan sebagai tempat pertunjukkan budaya sehingga dapat melestarikannya hingga tidak punah. Kamu juga dapat menemukan beberapa ciri khas yang dimiliki oleh adat Melayu Riau sehingga dapat menambah pengetahuan.

Alamat: Jl. Diponegoro, Suka Mulia, Kec. Sail, Pekanbaru, Riau.

22. Rumah Singgah Tuan Kadi
Konon katanya Rumah Singgah Tuan Kadi ini adalah awal mula terbentuknya Kota Pekanbaru sebelum menjadi kota yang megah dan indah seperti saat ini. Rumah Singgah Tuan Kadi ini dulunya menjadi tempat singgah Sultan Siak jika ingin pergi ke Pekanbaru (Senapelan: Dulu).

Rumah singgah ini merupakan peninggalan Tradisional yang menjadi tempat wisata saat ini. Dari lokasi Rumah Singgah ini pengunjung bisa menikmati teman indah di sekitar area.

Rumah Singgah ini berada di bawah Jembatan Siak. Sehingga selain menikmati keindahan Ruah Singgah Tuan Kadi ini Anda dapat menikmati keindahan jembatan Siak di atas bangunan perumahan.

Rumah Singga Tuan Kadi ini sudah mulai dikelola oleh pemerintah dengan penataan yang rapi dan indah dengan adanya taman di setiap sudut lokasi. Selain sebagai tempat wisata, Rumah Singgah ini juga digunakan sebagai tempat merayakan penyambutan bulan suci Ramadan setiap tahunnya.

Alamat: Kampung Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

23. Air Terjun Batang Kapas
Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Air Terjun Batang Kapuas. Tempat wisata ini berada di Lubuk Bigau, Riau. Air Terjun Batang Kapas memiliki jarak sekitar 135 km dari pusat kota sehingga perlu waktu tempuh sekitar 3 jam untuk bisa berada di destinasi isata tersebut.

Untuk bisa mencapai lokasi destinasi wisata Air Terjun Batang Kapas tidak mudah. Diperlukan kekuatan ekstra dan perjuangan karena area yang dilalui cukup sulit. Namun, jika sudah berhasil melewati itu semua, kamu akan merasa takjub karena keindahan destinasi wisata alam ini.

Alamat: Batu Sasak, Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

24. Masjid Senapelan
Selain tempat beribadah, masjid tertua di Kota Pekanbaru ini juga menyisakan kisah sejarah di Kota ini. Menurut beberapa sumber masjid ini dibangun pada masa kesultanan Abdul Jalil Alamudin Syah yaitu seorang sultan Siak yang keempat.

Masjid ini memberikan banyak kisah pada zaman dahulu, dimana di dalamnya ada nilai agama, adat dan raya yang terkandung. Salah satunya yaitu adanya 17 tiang di dalam masjid ini menandakan adanya 17 rakaat sehari semalam, terdapat 6 makam sultan.

Kemudian mimbar di dalam masjid ini merupakan mimbar tempat sutan siak berdiri saat itu. Masjid ini menjadi simbol kota pekan baru.

Alamat: Jl. Riau No.73a, Padang Terubuk, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

25. Bukit Warna-Warni
Destinasi wisata ini cukup unik karena tempatnya yang keren dan terkenal di kalangan anak muda. Bukit ini biasanya disebut dengan Bukit Pelangi. Disini, kamu akan disuguhkan pemandangan bukit yang jika tampak jauh akan terlihat berwarna-warni.

Uniknya, warna yang ada dalam bukit tersebut bisa berubah setiap hari. Bukit Warna-warni sangat cocok dijadikan spot foto yang aestetik dan gaul. Namun, kamu harus berhati-hati jika berkunjung pada musim hujan, karena kondisi tanah destinasi wisata tersebut belum terlalu stabil sehingga tanah bisa longsor.

Alamat: Danau Khayangan, Rumbai, Pekanbaru, Riau.

26. Dekranasda Pekanbaru
Dekranasda Pekanbaru memproduksi banyak bentuk kerajinan seperti Tenun songket melayu yang dibuat menggunakan alat tenun tradisional ini menggunakan benang sutera menghasilkan tenun siak yang berkualitas.

Pembuatan kerajinan songket ini menggunakan perpaduan warna yang indah-indah. Selain itu Dekranasda Pekanbaru juga menghasilkan kerajinan tangan berupa tas dan lainnya dengan motifnya menggambarkan kekhasan Kota Pekanbaru.

Alamat: Jl. Diponegoro No.6, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau.

27. Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan di Pekanbaru yang satu ini berbeda dengan perpustakaan pada umumnya. Disini, tempat perpustakaan dijadikan destinasi wisata modern sekaligus memberi ilmu pengetahuan. Desain Perpustakaan Soeman H.S sangat unik, megah, dan elegan sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan tempat sambil membaca buku yang ada di sana.

Disini, banyak arsip sejarah dan beberapa jenis buku lainnya yang menarik untuk dibaca. Kamu dapat bersantai sambil menikmati bacaan yang telah dipilih. Selain itu, kamu juga bisa datang ke lantai atas untuk bisa menikmati keindahan pemandangan Kota Pekanbaru.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Pekanbaru, Riau.

28. Agrowisata Tenayan Raya
Tempat wisata ini merupakan Agrowisata lengkap yang mengangkat konsep edukasi di dalamnya. Selain untuk berwisata, pengunjung juga dapat belajar hal baru di Agrowisata Tenayan Raya ini. Dan uniknya Anda bisa memetik buah-buah langsung dari pohonnya dan dapat dibayar nanti setelah keluar dari area wisata.

Berikut merupakan beberapa hal yang difasilitasi selain wahana bermain anak-anak, belajar memanah, kolam renang, flying fox juga ada area yang mempelajari tentang peternakan dan pertanian bagi Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang ingin mengembangkan teknik-teknik berternak dan bertani di rumah.

Alamat: Jl. Kadiran, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

29. Teluk Jering
Teluk Jering merupakan sebuah nama desa yang bisa ditempuh sekitar 45 menit dari pusat kota. Desa ini sangat unik dan menarik karena mempunyai pasir putih yang mirip sekali dengan pasir pantai. Hal tersebut tentu membuat banyak orang penasaran sehingga berdatangan ke Teluk Jering.

Selain adanya pasir putih, di Teluk Jering juga terdapat hamparan rumput yang hijau dan tertata rapi. Suasanya yang ada di desa ini sangat menyenangkan, asri, dan sejuk. Kamu dapat mengunjungi destinasi wisata ini dengan keluarga ataupun teman.

Alamat: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

30. Taman Putri Kaca Mayang
Taman ini memiliki banyak fasilitas lengkap untuk Anda yang yang ingin rekreasi bersama keluarga. Selain keluarga di taman ini bisa Anda habiskan waktu bersama teman dan pasangan.

Rumah Taman Hijau ini menyediakan fasilitas bagi Anda yang ingin hanya sekedar nongkrong, jogging, duduk sambil menikmati sore, Ada kolam renang, dan wahana bermain lainnya untuk anak-anak.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.474, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau.

31. Air Terjun Guruh Gemurai
Air terjun ini berlokasi di Kabupaten Kuantan Singingi. Air Terjun Guruh Gemurai sedikit berbeda dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Perbedaanya adalah air terjun ini menyuguhkan dua aliran air sehingga menghasilkan suara gemuruh yang cantik dan merdu.

Di bawah air terjun juga terdapat kolam untuk menampung air yang jatuh sehingga banyak wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini untuk  berenang atau sekedar bermain air.

Alamat: Lubuk Jambi, Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Riau.

32. Taman Kota Pekanbaru
Taman Kota Pekanbaru ini selain dijadikan tempat wisata rekreasi, ada juga wisata kuliner khas Pekanbaru. Di sudut taman bisa Anda gunakan untuk berkumpul bersama teman-teman Anda sambil menikmati jajanan yang ramai dijajakan di pinggir taman.

Ada spot foto yang unik dan selain itu ada fasilitas yang lengkap di taman ini yaitu ada tempat istirahat, toilet dan Mushola. Tamannya yang indah dengan rumput yang hijau dan segar menambah indahnya sore di Taman ini.

Alamat: Kampung Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

33. Istana Siak Sri Indrapura
Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu peninggalan dari Kesultanan Siak yang dulunya merupakan kerajaan terbesar di daerah Riau. Lokasi Istana Siak Sri Indrapura berada di pusat kota sehingga banyak wisatawan yang datang kesini untuk melihat kemegahan istana.

Wisatawan juga bisa sambil belajar saat liburan ke sini. Banyak pembelajaran penting yang bisa didapatkan ketika mengunjungi Istana Sri Indrapura.

Alamat: Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

34. Trans Studio Mini Pekanbaru
Ada banyak wahana yang menyenangkan yang disajikan untuk Anda yaitu ada indoor playground untuk semua usia, happy Swing, Roller coaster raksasa, Mini train, bumper dan banyak lainnya.

Setelah puas bermain, Anda bisa mengajak keluarga makan enak di restoran yang menyediakan makanan khas Kota Pekanbaru yang berada di gedung yang sama.

Alamat: Jl. Soekarno – Hatta, Labuh Baru Timur, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

35. Pulau Cinta
Pulau Cinta berbeda dengan pulau lainnya. Disini, Pulau Cinta berupa hamparan pasir putih yang sangat lembut ketika diinjak. Pasir tersebut berada di pinggir sungai sehingga tampak unik.

Wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti bermain water sport, naik perahu, berenang, bahkan sekedar jalan-jalan santai.

Alamat: Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Kab. Kampar, Riau.

Itulah beberapa Destinasi Wisata di Pekanbaru yang bisa jadi bahan referensi untuk dikunjungi. Kamu dapat menikmati masa liburanmu dengan mengunjungi destinasi wisata tersebut.

Sumber: https://www.itrip.id/tempat-wisata-pekanbaru

Histats